Kokohkan Sebagai Pengembang TOD Terdepan, ADCP Gandeng EJRT Jepang

JAKARTA, 18 Februari 2022 – PT Adhi Commuter Properti, Tbk (ADCP) menjalin kerja sama strategis berupa knowledge sharing dengan East Japan Railway Trading, Co. Ltd., (EJRT) demi memperkuat komitmennya sebagai pengembang hunian berbasis Transit Oriented Development (TOD) terdepan di Indonesia.

Direktur Utama ADCP Rizkan Firman menjelaskan dalam kerja sama ini, ADCP akan mendapatkan beragam informasi dan pengetahuan berwawasan global terkait TOD dan infrastruktur pendukungnya, sehingga menambah bekal bagi perusahaan dalam mengembangkan, mengelola, dan mengantisipasi berbagai tantangan terkait pengelolaan properti berbasis TOD. Rizkan menambahkan dengan adanya knowledge sharing ini tidak tertutup kemungkinan akan ada kerjasama dalam pengembangan Kawasan antara ADCP dan EJRT.

Sebagai bentuk komitmen kami memberikan hunian berbasis TOD yang mempermudah mobilitas masyarakat, kami akan terus melakukan terobosan dan inovasi. Untuk itu kami akan terus mengembangkan pengetahuan dengan wawasan global khusus untuk hunian berbasis TOD. Dengan demikian kami dapat memberikan layanan terbaik serta manfaat optimal bagi seluruh pemangku kepentingan termasuk para pemegang saham, dan kepada pemerintah dalam hal menyediakan hunian untuk mengurangi backlog perumahan,” ujar RizkanJumat, (18/2/2022).

Sejumlah topik yang akan dibagikan dalam kerja sama ini antara lain metode pembangunan stasiun kereta api berdasarkan penggunaan angkutan umum, perkenalan sejumlah kasus yang melibatkan TOD di Jepang. Dalam pelaksanaannya EJRT akan memberikan pengajaran dengan kehati-hatian berbasis care of prudent manager.

EJRT adalah sebuah perusahaan penyedia dukungan layanan transportasi kereta api asal Jepang,  dan merupakan bagian dari East Japan Railway Company (JR East), perusahaan yang memiliki banyak lini bisnis mulai dari operator kereta api, investor proyek pembangunan, pemilik gedung stasiun dan operator pusat perbelanjaan, perkantoran, serta hotel yang telah berpengalaman mengembangkan beberapa proyek berorientasi transit (transit oriented)Adapun sharing informasi atau pengajaran terkait TOD akan disampaikan oleh General Manager Life Style Business Development East Japan Railway Companby HQ Horoyuki Takeshima.

ADCP yang merupakan pengembang properti terintegrasi dengan transportasi massal pertama dan terbesar di Indonesia saat ini memiliki 12 portofolio proyek  hunian dan perkantoran yang tersebar di sejumlah wilayah di Jabodetabek.

Dengan mengusung konsep TOD, sebagian besar proyek hunian dan perkantoran ADCP terintegrasi langsung dengan transportasi massal Light Rail Transit (LRT/Lintas Rel Terpadu). Adapun sisanya terintegrasi dengan Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line dan layanan Bus Rapid Transit (BRT).

Kedepannya, ADCP berencana akan terus mengembangkan properti dengan konsep serupa baik untuk hunian berbentuk apartemen, rumah tapak (landed house), gedung perkantoran, area komersil, pusat kuliner, dan fasilitas pendukung lainnya demi menopang mobilitas dan gaya hidup masyarakat perkotaan yang menjadi target pasar produknya.